• Warna Sayur dan Buah, serta kandungan zat di dalamnya

    Anda termasuk orang yang mengandalkan suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh? Memang sih ada banyak suplemen yg mengandung unsur vitamin dan mineral yg oleh pabrik diekstrak dari sayur dan buah. Namun, berbagai studi menunjukkan, bahwa masih banyak zat fitokimia (kandungan alami sayur dan buah) yg hingga kini belum mampu di ekstrak. Atau, bila dapat diekstrak pun, belum mampu diserap oleh tubuh dg sempurna. Padahal sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan suplemen yg diperlukan oleh tubuh. Cukup dg selalu menyertakan sayur dan buah segar dalam menu harian kita.

    Yuk, mari kita tengok kandungan apa saja yang bisa kita dapatkan dari sayur dan buah yang berwarna-warni tersebut।

    1.Buah dan sayur berwarna hijau => Bayam, kacang panjang, kangkung, brokoli, oyong, sawi, pokchoy, asparagus, the hijau, pir, avokad, kiwi, apel, mentimun, labu siam, kacang polong, ercis, dll.
    Mengandung :
    a. Isothiocyanates
    Zat ini untuk menstimulasi tubuh untuk menghancurkan zat-zat pembawa sifat karsiogenik. Ini artinya mencegah sel-sel sehat agar tidak menjadi sel-sel kanker. Zat ini juga membantu menghancurkan racun yang didapat tubuh dari tembakau pada rokok.Yg special, zat ini mampu menurunkan resiko kanker paru-paru. Banyak dikandung oleh brokoli.

    b. Indole-3 carbinol
    Zat ini bersifat antioksidan dan berpotensi mencegah kanker. Juga bisa menghancurkan radikal bebas dan mendorong prokduktifitas hormon estrogen yg berperan penting dalam kerja organ reproduksi wanita. Banyak terdapat pada tanaman kubis-kubisan.
    c. Cathecins
    Cathechins terkenal kaya akan bahan antikanker alami. Riset terbaru menunjukkan, zat ini dapat menghambat penumpukan lemak dan menurunkan tingkat kolesterol. Banyak terdapat pada the hijau.
    d. Chlorophyl
    Beberapa riset menunjukkan mereka yg rajin menyantap makanan kaya klorofil memiliki kualitas kesehatan yg lebih baik. Zat ini mampu melawan zat-zat kimia penyebab kanker seperti yg terdapat dalam rokok dan racun aflatoxin. Selain itu juga berguna untuk mendorong proses detoksifikasi di dalam tubuh.
    e. Folic Acid
    Zat ini berfungsi mencegah setidaknya 5 penyakit serius : anemia, gangguan pada kardiovaskuler, kanker, cacat lahir neural-tube-defect dan alzheimer
    Penting :
    Jika mungkin, makanlah sayuran hijau dalam keadaan segar. Jika dimasak, masaklah sebentar saja sehingga klorofil masih mudah diserap tubuh

    2. Buah dan sayur berwarna merah => Cabai merah, bayam merah, selada merah, paprika merah, bit, kacang merah, apel merah, tomat, anggur merah, semangka, strawberry, jambu biji merah, jambu air merah, bawang bombai merah, buah naga.
    Mengandung :
    a. Golongan Carotenoid (Lycopene, Alpha Carotene, Beta Carotene)
    Beberapa riset farmasi menemukan asupan lycopene berkala menurunkan resiko kanker prostat, kanker pancreas, kanker lambung, dan kanker rahim. Dari artikel American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan hasil studi epidemiologi, mengkonsumsi beta karoten dapat menurunkan resiko gangguan jantung. Beta karoten juga merangsang pembentukan molekul penyusun unsure ketahanan tubuh, khususnya yang bekerja memerangi kanker dan juga arthritis.
    b. Anthocyanin
    Zat ini membentuk pigmen warna merah, ungu dan biru pada sayuran dan buah, termasuk anggur merah. Zat flavonoid, yang pada bahan pangan banyak muncul dalam bentuk zat turunannya, anthocyanin, disinyalir mampu membantu mencegah stroke dan menghambat perkembangan tumor.
    Penting :
    - Walaupun baik dimakan dalam keadaan segar, tomat yang dimasak dalam minyak dapat meningkatkan penyerapan lycopene ke dalam tubuh
    - Strawberry yang kaya antioksidan juga mengandung asa elegat, yang bisa membantu pencegahan tumor esofagus dan usus besar.

    3. Sayur dan buah berwarna ungu => Terung ungu, kol ungu, ubi ungu, paprika ungu, bawang merah, delima, blueberry dan blackberry, anggur ungu, jamblang (juwet), markisa medan, plum, prem
    Mengandung :
    a. Quercetin
    Paling banyak terdapat di kulit apel dan bawang bombai. Zat fitokimia ini kaya unsure antioksidan, antihistamin, dan antiradanng. Qeercetin mampu mencegah kanker, khususnya kanker prostat. Zat ini juga meredakan gejala alergi dan asma, juga dapat meredakan nyeri karena arthritis. Selain itu juga dapat mengurangi gejala kelelahan, depresi dan kecemasan.
    b. Ellagic Acid
    Tahun 2008, sebuah studi dilakukan terhadap 19 penderita penyempitan pembuluh darah arteri (carotid artery stenosis). Setelah mereka rutin minum jus delima (kaya akan asam ellagic), tekanan darah mereka menurun dan dinding pembuluh darah arteri tak lagi menebal. Studi sebelumnya (2005) menunjukkan ellagic acid menghambat efek negative kemoterapi yang disebut neutropenia (merosotnya jumlah sel darah putih)
    c. Resveratrol
    Zat yang banyak terdapat pada kulit anggur ungu ini mampu membantu tubuh memerangi infeksi jamur, serta memulihkan diri dari stress, cedera dan terpaan panas sinar matahari. Sejumlah studi juga menunjukkan, resveratol bisa dimanfaatkan untuk mencegah kanker dan gangguan jantung

    4. Buah dan sayuran berwarna Oranye dan kuning => Wortel, labu kuning, melon oranye (cantaloupe), ubi merah dan buah merah (keduanya berdaging oranye), mangga, apricot, jagung, jeruk, jeruk lemon, jeruk nipis, nanas, pisang, kunit
    Mengandung :
    a. Alpha Carotene dan Beta Carotene
    Tubuh kita bisa mengubah alpha dan beta carotene menjadi vitamin A. Vitamin inilah yang menjaga kesehatan kulit, tulang, penglihatan juga imunitas
    b. Beta Cryptoxanthin
    Selama ini, beta cryptoxhantin, slah satu pigmen kuning (xanthophylls) adalah senyawa yang dipercaya memiliki daya antioksidan dan berkhasiat mencegah kanker paru-paru
    c. Hesperidin
    Zat ini dipercaya berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah. Juga untuk mengusir kolesterol jahat dan menjaga tekanan darah tetap normal, bahkan juga menghambat pengeroposan tulang. Selain itu juga memiliki antiradang dan memperlancar aliran darah di otak
    d. Phytochelatins
    Zat yang antara lain terdapat pada ubi merah ini efektif membantu tubuh mengikat logam berat, seperti merkuri, cadmium dan tembaga, untuk kemudian membuangnya ke luar tubuh
    Penting :
    Selain 4 zat diatas kelompok buah dan sayur dengan warna ini banyak mengandung vitamin C, zat mangan (pembentuk kolagen), kalium (mencegah maag dan memulihkan diare. Banyak terdapat pada pisang) dan antibacterial (pada kunyit). Mengkonsumsi sayur dan buh dalam kelompok warna ini akan lebih baik bila dimasak sehingga karoten lebih mudah diserap tubuh. Tetapi jangan dimasak dalam suhu tinggi.

    5. Sayur dan buah yang berwarna putih => Bawang putih, bawag bombai putih, daun bawang, kembang kol, sawi putih, jamur berwarna putih, jahe, kedelai (termasuk kedelai dan tempe), bengkoang, pisang, lobak
    Mengandung :
    a. Isothiocyanate
    Sama dengan sayur dan buah warna hijau, isothiocyanate juga terdapat pada kubis-kubisan. Zat ini terbukti mengandung manfaat mengusir sel-sel kanker, khususnya kanker paru-paru
    b. Isoflavone
    Segudang manfaat terdapat pada zat yang banyak terdapat pada kedelai ini. Mulai membantu memperbaiki kesehatan tulang, menurunkan resiko terkena kanker dan sakit jantung, sampai membantu melindungi kesehatan prostat dan membantu kesehatan organ reproduksi wanita. Touge misalnya, mengandung astrogen alami untuk membantu meningkatkan kapadatan tulang, mencegah nyeri haid, sampai gangguan akibat menopause
    c. Organosulfur
    Ini unsur fitokimia ajaib, yang untungnya banyak terdapat pada bawang putih dan bawang bombai. Zat ini berkhasiat membantu menurunkan glukosa darh, sehingga bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta detoksifikasi di dalam tubuh
    Penting :
    Biji kedelai yang dikecambahkan bisa meningkatkan kadar zat saponin, zat yang menggelontor kolesterol jahat tanpa mengikis kolesterol baik। Saponin juga membangkitkan system kekebalan tubuh



















19 comments:

  1. achen said...

    makasih eve sayur2annya... eSSip!

  2. buwel said...

    idem kek ache,,.. :-)

  3. aviorclef said...

    -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
    *******Salam ‘Blog’!!*******
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Nice share mba...
    Eh, saya jd ingat iklan di TV yang tentang sayuran berwarna hijau...

    -_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

  4. achen said...

    eh ada buah2annya juga thoh.. makasih neh eve buah2anya... :-)))

  5. buwel said...

    sama kek achennn

  6. ا شين said...

    subhanalloh.... manfaat semuanya ciptaanNya...

  7. buwel said...

    oiya mbak.... biasanya kalo nggak berhasik hasilnya mamng seperti ini mbak....
    ehm, waktu buwel berhasil juga mengombinasikan tutorial di blog tutorial umumnya dan terus mengambil scriptnya mbak fanny tentang scroll kotak comments kek gini. yaitu dengan melihat kode sumber halamannya mbak fanny. lalu menghapus semua script komentnya di blog aku dan menggantinya dengan copyan scriptnya blog mbak fanny. selanjutnya mengganti warna background kotak komentar, biar nggak merah muda... :-)

    Begitu....
    Bingung khan... :-D

  8. attayaya said...

    ihhhhhhhhh mantap kak achen dan kak buwel
    aku ikuuuuuuuuuut

  9. ا شين said...

    waduh, maulu ada bang atttaaaaannn...*kabur*

  10. buwel said...

    wah, eSSip neh scrollnya mbak, tadinya malam ini mo mosting tentang ini, namun karena udah jadi ya jadinya nggak jadi.... heehehe

  11. artikel yg baik
    salam hangat dari blue

  12. achen said...

    pagi eve... :-)))

  13. Wah jadi semangat makan sayur :)

  14. buwel said...

    sore mbak...

  15. buwel said...

    sayur sayur.. Lho.. :-))

  16. awaxbadan said...

    aku minta bayam aja, biar kaya' POPEYE...

  17. alhamdulillah,,saya termasuk vegetarian sanagt suka dengan berbagai jenis sayuran,,begitu banyak kandungannya ya,,,thanks

  18. sayuran emg bagus bgt buat kesehatan...

  19. Alhamdulillah,,saya termasuk orang yang mencintai sayuran,,,dan lebih memilih sayuran dan buah daripada nasi,,hehe

Post a Comment

Terima kasih sudah berbagi tutur.
Akan sangat indah, jika sopan santun juga terjaga..