• Manfaat Tidur Cukup Untuk Wanita


    Impian setiap wanita adalah memiliki tubuh yang indah. Langsing dan berisi. Bukan langsing dan bertulang. Bagaimana dengan Anda? Terlalu langsing? Atau kebanyakan lemak. Sehingga menjadi tidak cukup PD untuk tampil maksimal. Coba periksa kembali pola istirahat Anda. Lakukan sekarang!

    Apakah wanita penuh pesona merasa berat badan terus naik meskipun sudah rutin berolahraga? Coba cek kembali aktivitas harian Anda. Mungkin saja, aktivitas di malam hari membunuh semua program diet yang sedang Anda lakukan pada siang hari. Semoga Tidak.  


    Meskipun tak banyak melakukan aktivitas, malam hari menjadi waktu yang rawan bagi siapa pun terserang kegemukan. Wanita penuh pesona tentu tak ingin aktivitas olahraga Anda terbuang percuma tanpa hasil karena kebiasaan Anda makan pada malam hari merusak berat badan Anda yang semakin gemuk.


    Para ahli menyarankan Anda untuk tidur cukup pada malam hari karena hal itu dapat mengurangi bobot berlebih. Lantas, apa hubungan antara tidur dan makan?


    Times of India mengulasnya untuk Anda. Kurang tidur akan menjadi petaka bagi seseorang karena merusak hormon dalam tubuh. Hormon ghrelin yang berkaitan dalam urusan rasa lapar akan terganggu. Begitu pun dengan leptin yang bertugas memberitahukan otak Anda kapan saatnya untuk berhenti mengunyah juga akan terganggu.Nah, ketika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka justru akan meningkatkan kinerja tingkat ghrelin dan leptin. 


    Hasilnya, keinginan untuk makan dan perasaan tidak puas pun akan meningkat meskipun asupan makanan yang Anda siapkan sudah lebih dari biasanya.Kedua, perjalanan hormon pertumbuhan akan semakin lambat ketika Anda kurang tidur.


    Hormon ini memainkan peran yang sangat penting dalam berat badan karena kontrol proporsi otot tubuh dan lemak. Jadi, ketika Anda tidak mendapatkan jadwal tidur yang tepat, maka Anda akan kurang dalam mengeluarkan hormon ini. Bahkan, hanya satu pekan kurang tidur saja akan mengurangi produksi hormon pertumbuhan secara signifikan.


    Rendahnya tingkat hormon pertumbuhan yang sama akan lebih banyak mengandung lemak. Jadi, kurang tidur secara signifikan meningkatkan kesempatan untuk menambah berat badan. Tak hanya itu, tidur yang nyenyak pun akan membantu Anda mengusir stres dari pikiran dan tubuh. Karena kurang tidur cenderung menimbulkan stres fisik. Hal ini akan menyebabkan produksi berlebihan dari hormon stres (kortisol) yang pada gilirannya akan merangsang produksi glukosa secara berlebihan. Hal ini sedikit banyak kemudian justru akan mengubahnya menjadi lemak. Kurang tidur akan membuat tubuh selalu kelaparan. Ketika orang melawan tidur, maka dia justru mengonsumsi permen berkalori tinggi, makanan asin, dan tepung sebagai camilan. Ini karena kurang tidur akan merangsang sel untuk lebih banyak makan.


    Jadi, jika ingin mengalahkan rasa lapar, pergilah tidur. Kurang tidur akan dibarengi dengan kelesuan. Bila Anda kurang tidur, maka energi pun akan rendah. Alhasil, Anda cenderung tak aktif secara fisik. Akibatnya, Anda akan membakar kalori lebih sedikit.


    Ketika indra tubuh berada dalam tingkat rendah, maka kalori lemak akan menimbun sehingga membuat penumpukan berat badan. Bagaimana jika kurang tidur, namun berolahraga cukup? The American Thoracic Society International Conference yang diselenggarakan baru-baru ini di San Diego, California, melaporkan dalam studinya bahwa wanita yang kurang tidur hingga lima jam setiap malam jauh lebih mungkin mendapatkan tambahan bobot 15 kg dalam periode 16 tahun. Hal ini mendapatkan porsi sekitar 30% dibandingkan wanita lainnya yang memenuhi kebutuhan tidur selama tujuh jam setiap malam.


    Selamat mencoba.


    Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/425123/  

21 comments:

  1. Ninda said...

    wah banyak ya mbak manfaatnya :D

  2. HA Peduli said...

    postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

  3. ongisnade said...

    your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

  4. tadur yang cukup memang banyak manfaat nya,
    tapi kebanyakan tidur gak baik juga buat kesehatan.

  5. attayaya said...

    haaa tulisan2 seperti ini banyak yg cari lho

  6. waduh,,,saya termasuk berat badan yang terus meningkat nih,,padhal udah olahraga dan konsumsi makan sedikit,,ternyat darai tidur bisa ya,,terua jam tidur yang sehat berapa jam gan?

  7. ayo para ladies tidur yang cukup biar tambah cantik...

  8. hemmh,,saya sering tidur malam nih,,susah buat ninggalin kebiasaan buruk ini,,terima kasih buat infonya

  9. mantap gan

  10. mantap deh infonya

  11. info yang manfaat

  12. terimakasih atas info yang telah di berikan

  13. perlu dibagi sama temen cewek nih,,,

    thanks ya udah sharing,,,

  14. artikelnya sangat mantap dan bermanfaat sobat, sayangnya saya ini lelaki apakah sama kalau manfaatnya.....
    salam kenal sobat, saya langsung follow # 46 #
    terima kasih
    jangan lupa mampir juga sobat, ditunggu

  15. Harun Ar said...

    Tapi jangan sampai kebanyakan tidur ya mbak....
    Wah tips bagus menarik bermanfaat... tq

  16. terimakaishh buat informaisnya gan :)

  17. kutunggu postingan terbarunya mbak ajeng,,,blog nya selalu saya ikuti,,thanks

  18. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

  19. pantas saja badan saya semakinn mengecil yahh gara2 nggak cukup istirahat mungkin .. huph ..:(

  20. terima kasih atas infonya..

  21. ditunggu postingan bermanfaat berikutnya yah..

Post a Comment

Terima kasih sudah berbagi tutur.
Akan sangat indah, jika sopan santun juga terjaga..