• Cara Diet sehat

    Memiliki tubuh yang bagus dengan berat dan tinggi badan ideal adalah impian semua orang. Faktor utama yang harus Anda lakukan adalah mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat. Atau jika sudah terlanjur ‘berlebih’ berat badan maka menjalani diet adalah pilihan berikutnya.

    Tapi sayangnya, banyak orang yang menganggap diet sama dengan mengurangi porsi makan atau malah tidak boleh makan sama sekali. Alih-alih mendapat tubuh yang diidamkan, tubuh menjadi tidak fit, mulai dari sariawan hingga terkena maag.
    Maka melakukan diet sehat adalah jawabannya.


    Nah, berikut ini adalah beberapa cara diet sehat yang dapat Anda lakukan :


    Kenali metabolisme tubuh
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah kenali terlebih dulu metabolisme tubuh. Hal ini berfungsi untuk mengubah asupan panganan dan minuman menjadi sumber energi. Hal tersebut dikarenakan tingkat metabolisme dipengaruhi oleh komposisi tubuh. Metabolisme pada wanita cenderung lambat karena jaringan lemak lebih tinggi daripada otot.



    Pasang target yang masuk akal
    Saat Anda memutuskan berdiet, targetkanlah berat badan yang harus Anda turunkan. Tak usah muluk-muluk karena berat badan idelanya turun sebesal 0,5 kg per minggu. Jadi, jangan terlalu terobsesi ingin menurunkan berat badan secara drastis karena hal ini justru akan membahayakan kesehatan.



    Seimbangkan jumlah kalori
    Meski hal ini cukup merepotkan, namun memperhatikan jumlah asupan kalori yang dikonsumsi setiap hari terbukti dapat menurunkan berat badan. Rata-rata pria membutuhkan 2500 kalori per hari dan wanita membutuhkan 2000 kalori per hari. Namun, Anda harus menyeimbangkan jumlah kalori dengan energi yang akan digunakan karena terlalu banyak membakar kalori justru akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme berjalan lambat, justru akan menimbun lemak. 


    Tetap sarapan
    Kebanyakan orang berpikir bahwa tidak sarapan dan hanya makan saat makan siang adalah cara cepat menurunkan berat badan. Padahal, sarapan justru dapat mempercepat proses metabolisme. Lalu, percepat sarapan yang biasanya pukul 09.00 pagi menjadi pukul 07.00 agar proses pembakaran energi dimulai lebih cepat.


    Rajin olahraga
    Melakukan diet hanya menjaga pola makan tanpa olahraga tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Olahraga sangat diperlukan untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Anda tak perlu melakukan olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti berjalan kaki atau lari 3 - 4 kali seminggu selama 60 menit saja.

    Gambar diambil dari google

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berbagi tutur.
Akan sangat indah, jika sopan santun juga terjaga..